Library Transformatif
Transformasi perpustakaan adalah suatu proses perubahan pengelolaan perpustakaan secara menyeluruh dan mendasar dengan memberikan nilai tambah pada sumber daya yang ada sehingga dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini dan sesuai tuntutan zaman. Transformasi perpustakaan dilakukan karena proses perkembangan dunia yang memasuki era modern dimana peran teknologi informasi dan komunikasi serta internet memiliki nilai yang sangat vital
Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan No.43 2007 “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para siswa sebagai penggunaan perpustakaan.
Peranan perpustakaan transformatif di dalam pendidikan bagian dari tujuan dalam pengembangan agar bisa terselenggaranya pendidikan dengan baik dan maksimal.Hal ini sebagaimana peran penting perpustakaan di MAN 2 Wonosobo sebagai sarana memperkaya pengetahuan sekaligus mendukung program pendidikan bagi setiap siswa, dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masing masing siswa.
Perpustakaan transformatif di MAN 2 wonosobo berupaya menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan rekresi yang berkaitan dengan bidang budaya dan dapat meningkatkan selera, mengembangkan daya kreatif. Karena perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar mengajar di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tinginya prestasi murid-murid, tetapi lebih jauh lagi, antar lain adalah murid-murid mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, murid-murid terbiasa belajar mandiri, murid-murid terlatih kearah tanggung jawab, murid-murid selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
0 Komentar